Hubungi Kami : 087883188897

Usaha Franchise » FRANCHISEE – Dicari ATAU Direkrut?

FRANCHISEE – Dicari ATAU Direkrut?

Dalam berbisnis Franchise, mendapatkan mitra (franchisee) merupakan kunci untuk sukses, terutama jika franchisor ingin membangun hubungan kerjasama yang langgeng dengan mitranya. Franchisor dapat memiliki strategi tertentu dalam mendapatkan franchisee yang sesuai dengan visi usahanya.

Ada 2 strategi umum yang mungkin dilakukan dalam mendapatkan franchisee:

  • Menjual franchise kepada Franchisee

Mencari franchisee yang dimaksud di sini adalah mencari sebanyak-banyaknya calon franchisee yang berminat bermitra dengan anda, lalu berusaha untuk mengajak bermitra langsung atau dengan kata lain kalau ada yang berminat dan sanggup membayar dana investasi maka calon investor tersebut dapat langsung bekerjasama menjadi franchisee.

  • Merekrut Franchisee yang akan diajak bekerjasama

Merekrut franchisee yang saya maksud di sini adalah mencari sebanyak-banyaknya calon franchisee yang berminat bermitra dengan anda, lalu melakukan seleksi atas calon franchisee anda tersebut dan memilih calon franchisee yang benar-benar cocok dan sevisi dengan anda yang menjadi mitra.

Pada dasarnya kedua strategi ini hampir tidak ada bedanya, tetapi khusus untuk strategi merekrut franchisee, franchisor tidak menerima seluruh calon franchisee-nya. Franchisor akan melakukan seleksi atas calon franchisee-nya mulai dari karakter pengusaha, pengalaman usaha, calon lokasi usaha hingga permodalan. Karakter pengusaha menjadi salah satu kata kunci, karena bagi anda para Franchisor, mendapatkan mitra franchise (franchisee) yang cocok mirip dengan mencari jodoh. Sehingga karakter calon franchisee yang cocok dengan andalah yang sebaiknya anda pilih.

Coba bayangkan apa jadinya jika anda memilih calon franchisee yang karakternya bertolak belakang dengan anda, sedangkan anda harus “berjodoh” setidaknya 5 tahun dalam masa perjanjian franchise?

Alangkah baiknya anda memilih mitra yang dapat “mesra” dengan anda setidaknya dalam masa 5 tahun perjanjian franchise bahkan mungkin akan memperpanjang kerjasamanya dengan anda.

“Menjalin kerjasama dengan sedikit partner yang mengerti anda, lebih baik daripada menjalin kerjasama dengan banyak partner yang anda sendiri tidak mengerti karakter mereka.”

Salam Sukses,

Wahdi Fakhrozy

THE FRANCHISE CONSULTANT

wahdifakhrozy@yahoo.com

Menara 165 Office & Convention Center

Jl.TB Simatupang Kav 1

Cilandak Timur

Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *