Hubungi Kami : (021) 296 41453

Uncategorized » Usaha Franchise – Memilih Usaha Franchise

Usaha Franchise – Memilih Usaha Franchise

Pak Royandi,

Menurut bapak mana yang yang harus saya pilih antara franchise kuliner dengan franchise laundry? Karena menurut saya keduanya sangat menarik dan memiliki prospek yang bagus. Mohon sarannya pak. Terima kasih.

L, Jakarta Timur

 

Jawab:

 

Ibu L yang baik,

 

Bila anda meminta saya memilihkan, maka saya akan memilihkan bisnis pendidikan. Kenapa pendidikan? Karena minat saya adalah pada bidang pendidikan dan saya akan dapat bercerita banyak tentang bisnis pendidikan. Tapi jangan anda percaya dan turuti pilihan saya, karena itu bukan minat anda. Pertama-tama, anda sebaiknya memilih bisnis yang sesuai dengan minat anda dimana tentunya akan lebih banyak menguasai bidang tersebut. Hal kedua adalah siapa Franchisor yang anda pilih. Apakah Franchisor tersebut dapat menutup kekurangan anda serta membantu anda menguasai operasional bisnis tersebut. Apakah Franchisor tersebut sudah mempunyai program-program untuk membantu kita menjalankan bisnis tersebut?

Kalaupun anda tidak/belum menguasai bisnis tersebut, tetapi karena memang mempunyai minat pada bidang itu, dengan bantuan pelatihan dan monitoring dari Franchisor, maka akan sangat mudahlah kita untuk belajar memahaminya. Pada kenyataannya, bekerja atau belajar pada bidang yang kita minati akan jauh terasa lebih ringan bebannya dibandingkan dengan melakukan sesuatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat kita. Semua masalah akan kita pandang sebagai tantangan dan hal yang menarik untuk dipecahkan.

Bila ternyata minat anda memang pada bidang kuliner dan atau laundry, maka saya hanya dapat membagi saran atas dasar pengalaman teman-teman Franchisor dan Franchisee yang mempunyai minat sama dengan anda.

 

Dalam menjalankan bisnis, walaupun resikonya tidak sebesar seperti menjalankan usaha sendiri karena memakai sistem franchise, tetap memerlukan perhatian, pikiran dan kerja keras. Saya tidak tahu apakah anda sudah berkeluarga atau belum. Bila belum berkeluarga, tentunya akan lebih banyak waktu yang bisa dicurahkan pada bisnis tersebut dibandingkan bila sudah berkeluarga, sehingga untuk mengambil bidang mana yang akan dipilih hanya tinggal memilih mana yang paling menyenangkan. Bila sudah berkeluarga, maka akan berkurang waktu yang dimiliki untuk mengelola bisnis tersebut. Nah disinilah baru diperlukan pemilihan atau seleksi secara lebih terukur kepada kedua bidang yang sama-sama diminati tersebut.

Yang perlu anda pertimbangkan adalah antara memenuhi kegiatan rutin sehari-hari versus mengelola bisnis. Anda perlu mengatur pembagian waktunya dan pilihlah waktu yang paling baik untuk tetap dapat berkontribusi di keluarga. Pilihlah bisnis yang banyak memberi anda dapat tetap bersentuhan dengan keluarga. Anda perlu sebuah team work di keluarga dan sebuah team work lain di bisnis yang anda jalankan.

 

Sebagai contoh, coba anda bayangkan, bila anda ambil bidang kuliner, maka anda dapat memindahkan arisan anda ketempat anda bekerja. Bila anda ambil bidang laundry, anda dapat membujuk anggota arisan anda untuk mempercayakan cuciannya di tempat anda. Yang terakhir ini (laundry) mungkin anda melakukan arisan di rumah anda, artinya hal tersebut dilakukan sambil tetap berdekatan dengan keluarga tetapi tetap melakukan aktifitas pemasaran bisnis anda. Jadi sebenarnya bergantung kembali kepada kebutuhan anda, sehingga dapat dipertimbangkan porsi mana yang akan anda ambil lebih besar.

 

Sebelum memutuskan pilihan, hal utama yang perlu anda lakukan adalah mendapatkan persetujuan dari keluarga terdekat untuk menjadi bagian dari team work anda dan siap membantu anda, karena ternyata pada kenyataannya dalam menjalankan sebuah usaha, keluarga terdekat adalah sumber masalah terbesar bila mereka merasa ditinggalkan. Hal ini tidak cuma berlaku bagi wanita saja, tetapi juga berlaku bagi pria, hal mana memerlukan persetujuan dari pasangannya atau dari keluarganya. Komitmen mereka akan dapat membuat anda tenang berbisnis.

 

Selamat memilih dan berbisnis.

 

Ir.Royandi Yunus.MBA

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *