TIPS BISNIS FRANCHISE : Membuat Konsep Bisnis yang ingin Di-franchise-kan (1)

Langkah awal ketika ingin membangun bisnis franchise dapat dimulai dari membuat konsep dan rencana bisnis. Konsep dan rencana bisnis yang dibuat secara rinci akan memudahkan dalam persiapan franchise.  Konsep yang detail sangat penting untuk mengetahui kebutuhan bisnis di masa yang akan datang. Memikirkan lebih awal konsep bisnis Anda, dapat menjadi pondasi kuat bagi bisnis Anda di masa yang akan datang. Franchise yang memiliki konsep bisnis yang detail akan lebih tangguh untuk survive dalam kompetisi di industri franchise.

Dalam membuat konsep bisnis ada hal-hal yang perlu kita pikirkan secara detail tiap aspek bisnisnya, baik yang bersifat fisik, maupun proses. Hal-hal yang bersifat fisik misalnya :

Sedangkan hal-hal yang bersifat proses misalnya:

Dengan mengetahui detail hal-hal fisik dan proses yang akan dijalankan dalam bisnis Anda, maka kita dapat merencanakan strategi bisnis dengan lebih matang. Sehingga dapat diketahui dengan akurat apa-apa saja yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut seperti nilai investasi, berapa biaya operasional, berapa target penjualan dan berapa tingkat BEP-nya.

Bagi Anda yang ingin mem-franchise-kan bisnis, membuat konsep bisnis yang detail akan membawa Anda jadi semakin ahli dan menguasai bidang bisnis yang dijalani saat ini, sehingga Anda dapat memberikan advise terbaik bagaimana menjalankan bisnis dengan baik dan benar kepada franchisee agar sukses.

Ayo perbanyak jaringan gerai ANDA dengan sistem waralaba!

Follow our Instagram @franchiseacademyindonesia

Salam Sukses,

Wahdi Fakhrozy

THE FRANCHISE CONSULTANT

franchiseacademy.id@gmail.com

Menara 165 Office & Convention Center

Jl.TB Simatupang Kav 1

Cilandak Timur

Jakarta Selatan

Leave a Comment

Your email address will not be published.