Hubungi Kami : (021) 296 41453

Teori Umum Pemasaran

Teori Umum Pemasaran

Berikut adalah materi Belajar Red Module yang membahas mengenai teori umum pemasaran yang juga perlu dipahami oleh pemberi waralaba, mengingat ketika melakukan penawaran waralaba berarti pemberi waralaba juga melakukan proses pemasaran untuk menawarkan peluang bisnis yang dimilikinya.

TEORI UMUM PEMASARAN

 

Sebelum membahas mengenai cara-cara promosi waralaba, tentunya perlu memahami terlebih dahulu teori mengenai pemasaran secara umum. Teori mengenai pemasaran sudah banyak dibahas dalam buku-buku marketing, sehingga teori dalam modul ini dapat dikembangkan agar lebih baik.

 

Dalam teori pemasaran dikenal istilah marketing mix (bauran pemasaran) sebagai sebuah strategi pemasaran untuk menjual produk seefektif mungkin. Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan. Mc Carthy (Kotler, 2000:18) mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan empat P (four P’S) yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion).

 

 

VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN

 

  1. Produk

Produk merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran pemasaran. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan merancang produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

Phillip Kotler dalam teorinya menjelaskan bahwa produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperloleh, digunakan, atau dipasarkan meliputi barang-barang fisik, pengalaman, peristiwa, orang, tempat, property, organisasi, gagasan.

 

berdasarkan teori ini dapat disimpulkan bahwa produk adalah suatu bentuk penawaran kepada calon pelanggan mengenai suatu barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

 

  1. Harga

Menurut Alma (2004:169) pengertian harga yaitu Suatu atribut yang melekat pada suatu barang yang memungkinkan barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan memuaskan konsumen (satisfaction) yang dinyatakan dengan uang. Dari teori ini dapat dipahami bahwa harga merupakan nilai pembanding atas manfaat yang didapatkan oleh konsumen dari pemenuhan kebutuhannya.

 

  1. Promosi

Promosi adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran. Tujuannya agar konsumen menyadari keberadaan produk tersebut, berminat untuk membeli, memiliki keinginan untuk membeli hingga melakukan tindakan pembelian terhadap produk tersebut.

 

  1. Tempat

Place atau tempat merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian produk kepada konsumen dan dimana lokasi yang strategis.

 

Dalam penyaluran barang dari produsen ke konsumen ada faktor penting yang sangat berpengaruh terhadapnya, yaitu kegiatan pemilihan saluran distribusi yang tepat untuk menyampaikan barang dari produsen ke konsumen. Banyak perusahaan yang menggunakan saluran distribusi yang tidak tepat hal ini menyebapkan produk yang dihasilkan perusahaan tidak menjangkau konsumen yang menjadi sasaran.

 

Selain memahami mengenai bauran pemasaran, perlu juga untuk memahami segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki pemasaran atau produk yang terpisah (Amstrong, 1997:227). Proses segmentasi pasar ini dilakukan dengan mengelompokkan pasar berdasarkan karakteristiknya. Karakteristik pasar dapat dilihat dari 3 variabel, yaitu:

  • variabel demografi

misalnya: jenis kelamin, usia, keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, dsb

 

  • variabel geografi

misalnya: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim dsb

 

  • variabel psikologis

misalnya: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian

 

  • variabel perilaku

misalnya: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk dsb

 

Setelah melakukan segmentasi pasar, maka akan terbentuk kelompok-kelompok pembeli dengan karakteristik yang berbeda masing-masingnya. Lalu kelompok-kelompok ini dapat dijadikan dasar dalam mengambil keputusan mengenai target pasar yang hendak dituju. Pendefinisian target pasar yang jelas dan detail akan memudahkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif.

 

Target Market

 

 

 

Pada Materi berikutnya akan dijelaskan lanjutan ulasan materi mengenai Mempromosikan Waralaba, sebagai salah satu langkah dalam menawarkan waralaba. Cara mempromosikan waralaba mungkin akan sedikit berbeda dengan mempromosikan produk atau jasa pada umumnya, karena pada waralaba yang ditawarkan adalah peluang usaha, sehingga ada cara-cara yang spesifik yang efektif dalam mempromosikan waralaba ini.  Materi-materi tersebut dapat dibaca pada materi RED MODULE - MEMPROMOSIKAN WARALABA