Hubungi Kami : (021) 296 41453

Pengelolaan Franchise

Pengelolaan Franchise

Berikut adalah materi Belajar Golden Module yang membahas mengenai pengelolaan waralaba. Pengelolaan hubungan yang baik antara pemberi waralaba dan penerima waralaba adalah kunci kesuksesan dalam pengelolaan waralaba.

DESKRIPSI SINGKAT

Materi Mengelola Waralaba adalah materi terakhir dari proses mewaralabakan usaha. Dalam prakteknya, perusahaan pemberi waralaba memiliki tantangan yang paling besar dalam mengelola jaringan mitra penerima waralabanya selama jangka waktu perjanjian kerjasama waralaba. Mendapatkan mitra penerima waralaba yang bersedia membayar Franchise Fee adalah baru langkah awal dalam proses waralaba.

 

Mengelola waralaba adalah proses melakukan perencanaan, membuat program, menentukan pelaksanan, hingga melakukan evaluasi atas program-program tersebut oleh pemberi waralaba, dalam upaya menjaga kelangsungan kerjasama kemitraan dengan para penerima waralabanya selama jangka waktu perjanjian kerjasama waralaba.

 

Program-program mengelola waralaba dapat dibagi dalam 3  kelompok program, yaitu:

  1. Program dukungan
  2. Program pengembangan
  3. Program pembinaan hubungan

 

TUJUAN MATERI

Materi mengelola waralaba bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pemberi waralaba ataupun calon pemberi waralaba kiat-kiat dalam membuat kelangsungan kerjasama yang dilakukan bersama penerima waralabanya menjadi sangat efektif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

 

Materi mengelola waralaba akan membuat pemberi waralaba dapat meningkatkan kesuksesan para mitra penerima waralabanya, meningkatkan penjualan oleh para mitra penerima waralaba, serta membuat mitra penerima waralabanya puas dan bangga terhadap bisnis yang dimilikinya.

 

Materi mengelola waralaba juga bertujuan agar pemberi waralaba mempersiapkan kiat-kiat untuk terus meningkatkan keunggulan usahanya dan menjadi panutan bagi para mitra penerima waralabanya.

 

 

PENGELOLAAN BISNIS

Pengelolaan bisnis adalah proses yang berkesinambungan yang dimulai dari saat pertama kali meluncurkan bisnis, mengoperasikan dan meningkatkan kinerja usahanya, meraih sukses, hingga mempertahankan agar bisnis tersebut tetap langgeng. Proses tersebut akan meliputi atau melibatkan semua lini organisasi bisnis, baik dibidang pemasaran, operasional, maupun administrasi serta keuangan.

 

Proses pengelolaan bisnis umumnya diawali dengan melakukan perencanaan. Baik itu untuk perencanaan seluruh usaha, maupun perencanaan disetiap divisi usaha, seperti divisi pemasaran, divisi operasional dan divisi administrasi serta keuangan.

 

Proses selanjutnya adalah melakukan pengorganisasian untuk pelaksana dari perencanaan tersebut. Dilanjutkan dengan proses realisasi pelaksanaannya serta proses pengawasan.

 

Biasanya proses-proses tersebut diakhiri dengan melakukan evaluasi untuk bahan melakukan penyempurnaan.

 

Pengelolaan atau manajemen secara singkat diurut sebagai berikut:

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Actuating (pelaksanaan)
  4. Controlling (pengawasan)
  5. Evaluating (evaluasi)

 

PENGELOLAAN WARALABA

Secara umum pengelolaan waralaba meliputi pengelolaan seluruh fungsi organisasi pemberi waralaba. Dimulai dari proses pengelolaan merekrut penerima waralaba, mempersiapkan gerai penerima waralaba hingga siap menjalankan operasi bisnisnya. Tidak hanya itu, pengelolaan waralaba juga mencakup proses kegiatan memberikan dukungan kepada penerima waralaba, melakukan pengembangan bisnis dan menjalankan proses menjaga hubungan baik dengan penerima waralaba, selain melakukan pengelolaan administrasi di organisasi pemberi waralaba.

 

Dalam modul waralaba ini akan dibahas lebih praktis pada proses-proses melakukan 3 hal utama kepada jaringan penerima waralaba, yaitu:

  1. Proses memberikan dukungan (supporting) kepada jaringan penerima waralaba.
  2. Proses melakukan pengembangan (development) untuk meningkatkan keunggulan pemberi waralaba.
  3. Proses membina dan menjaga hubungan yang harmonis (relationship) antara pemberi waralaba dan jaringan penerima waralaba.

Pada Materi berikutnya akan dijelaskan lanjutan ulasan materi mengenai Memberi dukungan kepada penerima waralaba, sebagai salah satu program pengelolaan waralaba. Materi-materi tersebut dapat dibaca pada materi GOLDEN MODULE - MEMBERI DUKUNGAN KEPADA PENERIMA WARALABA.