Hubungi Kami : (021) 296 41453

Mengelola Program Pengembangan

Mengelola Program Pengembangan

Berikut adalah materi Belajar Golden Module yang membahas mengenai program pengembangan waralaba. program pengelolaan waralaba adalah salah satu cara untuk membuat franchisee selalu dinamis dan setia mengikuti franchisornya dalam menjalankan bisnis franchise yang sukses.

MENGELOLA PROGRAM PENGEMBANGAN

 

Penting bagi pemberi waralaba untuk selalu lebih unggul (advance) dari para penerima waralabanya. Sebagai pebisnis, para penerima waralaba selalu punya naluri untuk mencari peluang-peluang baru yang meningkatkan keuntungan usahanya. Bila pemberi waralaba bersifat statis dan kurang dinamis, maka para penerima waralabanya akan kehilangan ‘kepemimpinan’ dari pemberi waralaba. Jika hal ini terjadi, maka para penerima waralaba tidak lagi merasa perlu untuk bergabung dan menerima manfaat dari pemberi waralabanya. Dengan demikian pemberi waralaba akan berpotensi kehilangan mitra-mitra penerima waralabanya.

 

Untuk menghindari situasi tersebut, pemberi waralaba selayaknya senantiasa melakukan pengembangan-pengembangan dari usahanya yang dapat memberikan peningkatan keuntungan bagi para penerima waralabanya dan juga usaha pemberi waralabanya sendiri. Program-program pengembangan yang konsisten dan efektif bagi usaha waralabanya ini akan membuat para penerima waralaba menjadi lebih tergantung dan loyal kepada pemberi waralabanya.

 

Sebaiknya program pengembangan waralaba dibuat secara terstruktur. Dengan demikian program ini dapat dipresentasikan dan diikuti oleh jajaran manajemen pemberi waralaba. Program-program pengembangan yang dapat dilakukan oleh pemberi waralaba, antara lain:

  1. Program pengembangan produk/jasa; dimana pemberi waralaba terus melakukan penelitian terhadap produk-produk atau jasa-jasa yang menjadi ‘barang jualannya’ untuk dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru. Jika pada perusahaan restoran, mungkin ada pengembangan menu-menu baru. Atau pada usaha jasa pendidikan, ada modul-modul materi baru.

 

  1. Program pengembangan model bisnis; dimana pemberi waralaba dapat membuat model bisnis yang baru yang saling menunjang dengan usaha para penerima waralaba dan memperluas pangsa pasarnya. Misalnya saja, ada desain-desain gerai yang baru, atau ada cara-cara pelayanan yang baru.

 

  1. Program pengembangan teknologi; dimana pemberi waralaba mengembangkan teknologi baru yang menunjang usaha para penerima waralaba dalam bentuk peningkatan efisiensi dan efektifitas.

 

  1. Program pengembangan pelayanan; dimana pemberi waralaba perlu terus mengamati dan mempelajari minat dan tuntutan kepuasan dari para pelangan mitra penerima waralabanya. Pemberi waralaba dapat melakukan pelatihan-pelatihan ulang kepada penerima waralabanya serta karyawan-karyawannya untuk menerapkan cara-cara pelayanan yang baru kepada para pelanggannya.

 

Dengan melakukan berbagai pengembangan pada bisnisnya akan membuat pemberi waralaba dapat mempertahankan loyalitas para penerima waralabanya karena peningkatan manfaat bergabung dalam bisnis waralaba yang telah disepakati.

Pada Materi berikutnya akan dijelaskan lanjutan ulasan materi mengenai program pembinaan hubungan sebagai salah satu bentuk pengelolaan waralaba. Materi-materi tersebut dapat dibaca pada materi GOLDEN MODULE - PROGRAM PEMBINAAN HUBUNGAN