Hubungi Kami : 087883188897

Usaha Franchise » Tips Franchise » Buka Toko di luar kota dengan Franchise atau Kemitraan?

Buka Toko di luar kota dengan Franchise atau Kemitraan?

Bingung apakah tokonya dikembangkan diluar kota dengan #Franchising atau Kemitraan?

 

Pertanyaan seperti di atas ini sering dilontarkan kepada saya dalam profesi saya sebagai #KonsultanFranchise. Sebenarnya Franchising adalah salah satu dari pola Kemitraan.

 

Menurut saya, untuk kemitraan diluar kota sebaiknya digunakan kerjasama Franchising. Karena dengan format franchising semua aspek yang dikerjasamakan lebih teratur dan ada pakem-pakem yang standar sesuai peraturan waralaba di Indonesia.

 

Usaha Franchise umumnya memberikan hak kepada mitranya (franchisee) untuk menggunakan: Merek nya, Business Formatnya (cara berbisnis yang standar), dan Rahasia Dagangnya (seperti resep, sumber bahan baku dlsb). Dengan demikian pihak franchisor (pemberi franchise) berkepentingan untuk menjaga Brand, Reputasi bisnis, dan Kesuksesan mitra Franchisee nya.

Model kemitraan yang lain, bisa dengan lisensi merek saja, atau hanya dengan memberikan tutorial & bimbingan kepada mitra membuka gerainya di daerah lain. Kemitraan yang bukan #Franchising seperti ini umumnya hanya concern di jualan saja. Kurang perduli apakah bisnis mitra akan semakin sukses atau tidak. Selama pembelian dan pembayaran berlangsung, itu sudah cukup bagi pemberi bisnis.

 

Bukan hanya karena saya berprofesi sebagai #KonsultanFranchise, tetapi memang dengan franchising semua proses menjadi baku/standar dan memudahkan dalam melakukan pengelolaan yang panjang.

 

-burang riyadi

konsultanfranchise.blogspot.com

IG @franchise.advisor

Post Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *